Komponen Kapasitor

 

Komponen Kapasitor

Kondensator atau sering disebut kapasitor adalah suatu alat yang dapat menyimpan energi di dalam medan listrik, dengan cara mengumpulkan ketidakseimbangan internal dari muatan listrik. Dalam rangkaian elektronika, kapasitor disimbolkan dengan huruf “C”. Kapasitor memiliki satuan yang disebut Farad dari nama Michael Faraday.

 

Kapasitor berdasarkan tipenya

    • Kapasitor polar adalah kapasitor yang kedua kaki atau kutubnya mempunyai polaritas positif dan negatif. Kapasitor Polar memiliki cairan elektrolit di dalamnya dan kapasitor ini mempunyai nilai kapasitansi yang besar. Biasanya kapasitor ini berbentuk tabung dan dilambangkan seperti gambar berikut.

Gambar Simbol Kapasitor Polar

    • Kapasitor bipolar (non-polar) adalah kapasitor yang pada kaki atau kutubnya tidak mempunyai polaritas sehingga kedua kaki atau kutubnya dapat dipakai secara berbalik. Kapasitor jenis ini mempunyai nilai kapasitansi yang kecil bila dibandingkan dengan kapasitor polar dan biasanya terbuat dari keramik, mika dan sebagainya. Biasanya kapasitor jenis ini berbentuk bulat pipih berwarna coklat, merah, hijau dan lainnya.

Gambar Simbol Kapasitor Bipolar

 

Kapasitor berdasarkan kegunaannya

1. Kapasitor Tetap

Kapasitor Tetap yaitu kapasitor yang nilainya konstan dan tidak berubah-ubah. Kapasitor jenis ini memiliki beberapa macam bentuk, yaitu :

    • Kapasitor keramik (Ceramic Capacitor) adalah kapasitor yang tidak mempunyai kaki positif dan negatif (non-polar). Dinamakan Kapasitor Keramik karena Kapasitor ini sebagai bahan dielektrikum terbuat dari bahan keramik. Bentuk kapasitor ini ada yang berbentuk bulat tipis dan persegi empat. Kemudian ada yang berwarna merah, hijau, coklat dan lain sebagainya. Kapasitor ini mempunyai kapasitas mulai dari beberapa piko Farad sampai dengan ratusan Kilopiko Farad (KpF) dengan tegangan kerja maksimal 25 volt sampai 100 volt, dan juga ada yang sampai ribuan volt.

Gambar Kapasitor Keramik

Kapasitor keramik tidak dikonstruksi seperti koil maka komponen ini dapat digunakan pada rangkaian frekuensi tinggi. Biasanya digunakan untuk melewatkan sinyal frekuensi tinggi menuju ke ground. Kapasitor ini tidak baik digunakan untuk rangkaian analog, karena dapat mengubah bentuk sinyal.

    • Kapasitor Polyester adalah kapasitor yang menggunakan dielektrik terbuat dari bahan termoplastik polar polimer polyethylene terephthalate (PET). Kapasitor Polyester menyerap kelembaban sangat sedikit, dan fitur ini membuatnya cocok untuk desain terbuka tanpa diperlukan pembungkusan wadah lebih lanjut. 

Gambar Kapasitor Polyester

Kapasitor Polyester ini digunakan sebagai kapasitor serbaguna untuk aplikasi DC, atau untuk rangkaian semi-kritis dengan suhu operasi sampai 125 °C. Rating suhu maksimum 125 ° C juga memungkinkan kapasitor SMD (Surface-Mount Device) dibuat dengan bahan PET.

    • Kapasitor Kertas atau juga sering disebut dengan kapasitor padder adalah kapasitor yang terbuat dari dua potongan tipis logam  penghantar yang dipisahkan oleh kertas lilin yang berfungsi sebagai dielektrikum. Pada kapasitor ini umumnya memiliki ukuran kapasitansi yang berkisar antara 300pF hingga 4µF yang biasanya bekerja dengan tegangan di bawah 600 Volt dan tidak mempunyai polaritas.

Gambar Kapasitor Kertas

Kapasitor mempunyai keistimewaan yaitu dapat digunakan pada rentang suhu yang sangat luas. Kapastior kertas biasanya digunakan pada rangkaian radio. Kapasitor ini tidak terlalu tahan panas sehingga pada saat penyolderan harus jumlah panas yang diberikan harus diperhatikan.

    • Kondensator elektrolit (Elco/Electrolite Condenser) biasanya memiliki bentuk tabung kemudian mempunyai dua kutub kaki berpolaritas positif (+) dan negatif (), dimana kaki yang panjang menandakan kutub positif dan kaki yang pendek menandakan kutub negatif. Nilai kapasitansi dari kapasitor ini berkisar dari 0,47µF (mikro Farad) sampai ribuan mikro Farad dengan tegangan kerja dari beberapa volt hingga ribuan volt. 

Gambar Kapasitor Elektrolit

Kondensator elektrolit biasanya digunakan dalam rangkaian apa saja, misalnya pada power supply regulator dan rangkaian lainnya. 

 

2. Kapasitor Tidak Tetap

Kapasitor tidak tetap (variable dan trimmer) adalah jenis kapasitor yang kapasitansinya dapat diubah-ubah dikarenakan secara fisik mempunyai poros yang dapat diputar dengan menggunakan obeng. Kapasitor variabel (Varco) biasanya terbuat dari logam dan mempunyai kapasitansi maksimum sekitar 100pF (piko Farad) sampai 500pF (piko Farad). Komponen Varco ini banyak digunakan pada pesawat radio, baik pemancar radio maupun penerimanya.

Gambar Kapasitor Tidak Tetap

 

Pembacaan Nilai Pada Kapasitor

Cara membaca nilai kapasitor tidaklah terlalu sulit, untuk kapasitor tertentu seperti kapasitor keramik atau polyester cara membaca nilainya lumayan berbeda.

Berikut merupakan tabel pembantu untuk menentukan besar kapasitor.

Gambar Tabel Bantu Perhitungan Kapasitor

 

Contoh pembacaan kapasitor elektrolit (Elco/Electrolite Condenser)

Untuk kapasitor elektrolit biasanya sudah tertulis kapasitansi dan tegangan kerjanya secara jelas di kapasitornya. Jadi untuk kapasitor pada gambar diatas memiliki kapasitansi 3300μF dengan tegangan kerjanya 25V.

 

Contoh pembacaan kapasitor keramik 3 digit

Angka pertama : 1

Angka kedua     : 0

Angka ketiga     : 4 nol dibelakang angka kedua

Jadi, kapasitansi kapasitor tersebut adalah 100.000pF atau 100nF.

 

Contoh pembacaan kapasitor keramik 2 digit

Untuk pembacaan kapasitor keramik 2 digit angka yang ditunjukkan merupakan besar kapasitansi kapasitor tersebut, jadi nilai kapasitor diatas adalah 22pF. Untuk tegangan maksimum kapasitor keramik sendiri sekitar 50V.

 

Contoh pembacaan kapasitor Polyester

Untuk pembacaan kapasitor polyester sendiri sama seperti kapasitor keramik 3 digit dengan tambahan besar toleransi dan tegangan maksimum.

Angka pertama : 1

Angka kedua     : 0

Angka ketiga     : 4 nol dibelakang angka kedua

Huruf                  : J toleransi 5%

2A                       : 100V tegangan maksimum

Jadi ukuran kapasitansi kapasitor tersebut adalah 100.000pF atau 100nF dengan toleransi 5% dan memiliki tegangan maksimum 100V.

 

Sumber :

    • MODUL ELEKTRONIKA DAN MEKATRONIKA, ELEKTRONIKA DASAR oleh Syaifi Abdurrahman

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Komponen Kapasitor"

Post a Comment