Komunikasi Serial

 

Komunikasi Serial

Komunikasi serial adalah komunikasi yang pengiriman datanya per-bit secara berurutan dan bergantian sehingga lebih lambat dibandingkan komunikasi paralel. Komunikasi ini mempunyai suatu kelebihan yaitu hanya membutuhkan satu jalur dan kabel yang sedikit dibandingkan dengan komunikasi paralel. 

Gambar Diagram Komunikasi Serial

Komunikasi serial ada dua macam, asynchronous serial dan synchronous serial.

1. Synchronous Serial

Synchronous serial adalah komunikasi dimana hanya ada satu pihak (pengirim atau penerima) yang menghasilkan clock dan mengirimkan clock tersebut bersama-sama dengan data.

Contoh penggunaan synchronous serial terdapat pada transmisi data keyboard. 

Gambar Diagram Komunikasi Synchronous Serial

 

2. Asynchronous Serial

Asynchronous serial adalah komunikasi dimana kedua pihak (pengirim dan penerima) masing-masing menghasilkan clock namun hanya data yang ditransmisikan, tanpa clock. Agar data yang dikirim sama dengan data yang diterima, maka kedua frekuensi clock harus sama dan harus terdapat sinkronisasi. Setelah adanya sinkronisasi, pengirim akan mengirimkan datanya sesuai dengan frekuensi clock pengirim dan penerima akan membaca data sesuai dengan frekuensi clock penerima.

Contoh penggunaan asynchronous serial adalah pada Universal Asynchronous Receiver Transmitter (UART) yang digunakan pada serial port (COM) komputer.

Gambar Diagram Komunikasi Asynchronous Serial

 

Kelebihan Komunikasi Serial

    • Pada penggunaan kabel yang panjang, maka masalah cable loss tidak akan menjadi masalah besar daripada menggunakan kabel paralel.
    • Jumlah kabel serial lebih sedikit.
    • Banyaknya device saat ini menggunakan teknologi infrared untuk komunikasi data, dalam hal ini pengiriman datanya dilakukan secara serial.
    • Banyak mikrokontroler yang dilengkapi dengan komunikasi serial.

 

Kekurangan Komunikasi Serial

    • Dari Segi perangkat keras: adanya proses konversi data paralel menjadi serial atau sebaliknya menggunakan piranti tambahan yang disebut UART (Universal Asynchronous Receiver/Transmitter).
    • Dari Segi perangkat lunak: lebih banyak register yang digunakan atau terlibat.

 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Komunikasi Serial"

Post a Comment